Untuk membuat halaman web yang dapat memenangkan hasil pencarian di Google, maka anda perlu memastikan bahwa halaman web anda memenuhi standar kualitas dari Google. Untuk melakukan itu, maka anda perlu mengetahui Tips melakukan SEO onpage yang diperlukan.
Teknik SEO onpage adalah segala sesuatu yang bisa anda terapkan pada halaman web anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Teknik SEO onpage ini bisa anda terapkan pada dua bagian dari halaman web, yaitu bagian head dan body.
Bagaimana cara melakukan teknik SEO onpage ini dengan benar? Simak cara berikut dibawah ini.
Optimasi Onpage SEO Pada Head
Untuk melakukan teknik SEO onpage pada head, maka anda perlu mengenal dua elemen utama dari head, yaitu title tag dan meta description. Ini adalah dua elemen yang jika anda salah dalam penerapannya, maka SEO anda bisa hancur atau sulit dimengerti. Jadi mohon di simak dengan teliti.
Title Tag
Pastikan saat melakukan optimasi SEO onpage pada title tag anda menempatkan kata kunci utama pada bagian depan title. Jangan meletakkan brand yang mendahului kata kunci. Panjang dari title tag juga sebaiknya anda batasi hanya sampai 7 kata.
Untuk membantu anda mendapatkan jumlah klik dari Google, maka sebaiknya title ini anda tulis dengan menggunakan huruf besar semua. Jangan sampai anda melakukan kesalahan dengan memasang terlalu banyak kata di dalam title tag ini karena "rakus" ingin menguasai banyak kata kunci.
Meta Description
Ini adalah elemen yang bisa anda maksimalkan jika anda ingin menguasai lebih banyak kata kunci. Anda bisa memasukkan elemen-elemen kata kunci sekunder pada meta description, hingga mencapai sekitar 150 karakter.

Yang dimaksud dengan kata kunci utama, adalah kata kunci yang dirasakan persaingannya sangat besar sehingga memerlukan poin lebih. Sedangkan kata kunci sekunder tentunya adalah yang persaingannya lebih rendah dan hanya memerlukan poin yang kecil.
Jika anda bisa memaksimalkan title dan meta description ini, maka peluang anda untuk memenangkan lebih banyak kata kunci akan menjadi semakin besar.
Optimasi Onpage SEO Pada Body
Ini adalah optimasi yang perlu anda lakukan untuk memastikan apa yang sudah anda ubah di head tadi menjadi relevan dengan apa yang anda tayangkan di halaman web anda (tampilan browser).
Gunakan Template SEO Friendly dan Responsive

Gunakan template yang responsive dan SEO friendly atau menyesuaikan dengan lebar layar gadget, karena saat ini ada banyak sekali pencarian yang dilakukan melalui gadget. Jika anda tidak memperhatikan faktor mobile friendly ini, maka website anda akan sulit tampil pada hasil pencarian mobile.
Heading
Heading adalah suatu kode yang bisa anda pakai untuk menandai judul halaman (h1), judul artikel (h2), dan poin pembahasan di dalam artikel (h3). Jika anda memasukkan beberapa kata kunci ke dalam heading ini, maka anda akan bisa memberitahu kepada Google apa yang menjadi poin pembahasan dari halaman anda tersebut.
Heading ini hanya boleh muncul sekali saja di dalam suatu halaman web dan pastikan anda mengisinya dengan kata kunci utama (seperti title tag). Jika kebanyakan maka nasibnya akan sama, yaitu setiap kata hanya mendapatkan poin yang sedikit.
Link
Link adalah sesuatu yang sangat penting dalam optimasi SEO onpage. Ini adalah sesuatu yang perlu mendapatkan perhatian anda. Jika anda salah mengatur posisi link di dalam halaman, maka anda akan kesulitan mendapatkan ranking yang anda inginkan.
Perhatikan beberapa hal berikut ini dalam membuat link yang benar:
- Pastikan tidak ada link keluar menuju website lain sebelum artikel (tidak juga untuk link social media)
- Pastikan anda menaruh link halaman paling penting di bagian header. Atau setidaknya link halaman kategori untuk membantu penyebaran poin dari halaman muka
- Pastikan ada link menuju halaman itu sendiri pada halaman-halaman artikel anda
- Jika memang harus memasang link luar, maka pastikan itu relevan dan berasal dari halaman-halaman yang berkualitas di penilaian Google (ranking 5 besar pencarian Google)
- Untuk yang baru memulai optimasi SEO, usahakan agar jumlah link anda masih di bawah 100 di tiap halaman sebagai permulaan. Karena terlalu berat jika anda ingin mengangkat terlalu banyak halaman di awal optimasi.
Jumlah Kata
Google sepertinya semakin sering menampilkan halaman-halaman yang pembahasannya di atas 700 - 1000 kata. Jadi semakin detil anda dalam menjelaskan sesuatu akan semakin mudah anda menguasai kata kunci tersebut.
Bukan hanya itu saja, semakin banyak kata-kata yang anda masukkan ke dalam artikel, maka akan semakin besar kemungkinan anda menguasai banyak kata kunci. Minimal anda harus mempunyai jumlah kata 300 - 500 kata. lebih banyak tentu lebih bagus.
Sekian Terimakasih Selamat Berkunjung Kembali.
0 komentar:
Post a Comment